BigBang Song

Lalala, My girl, BigBang is Vip, This Love (Gdragon), Last farawel, Lies, Haru Haru, My Heaven, With you, Gara gara Go, Beautivul Hangover, Lets me hear your Voice, Make love, Lollipop ft 2Ne1, Lollipop 2, Sunset glows, Hot Issue, Ora Yeah, Stay, Good Person, Tell me goog Bye, Hands Up, Always, Bringing youre love, Forever with you GDTOP ft BOM, Number 1, stylist, We Belong together, Dirty Clas, Tonight, Somebody To love, What is Right, Stupit Liar, Love song, Blue, Bad Boy, Love Dust, Ain't No Fun, Fantastic Baby, Wink's (Daesung), Ego, Feeling. "Taeyang" wedding Dress, Look Only At Me, I Need A Girl, Move ft Teddy, Prayer ft Teddy, Friend ft TOP, Where U at. "Gdragon" HeartBreker, Korean dreams, Shine a Light, She is Gone. "Seungri" What can i do, Strong Baby, VViP. "Daesung " Baby dont Cry, Try To lough. "GDTOP" High High, Oh Yeah, Baby Good Nigh, Jibe Gajima, Dancing on My Own ft Pixie Lott. Monster, Bingle Bingle, Still Alive

Sabtu, 31 Maret 2012

(Keperawatan) Kebutuhan Dasar Manusia


KEBUTUHAN DASAR MANUSIA


            Manusia adalah makhluk yang holistic yaitu adanya keterpaduan atau menyeluruh. Kebutuhan manusia yang paling pokok dan harus terpenuhi adalah oksigen, karena oksigen sangat diperlukan dalam proses metabolisme dan apabila tidak terpenuhi maka manusia akan mati. Dalam kebutuhan dasar manusia terdapat beberapa teori yang dikemukakan oleh beberapa ilmuan salah satunya adalah Abraham maslow. Abraham maslom dalam teorinya membagi kebutuhan dasar manusia dalam 5 tingkatan yaitu :

  1. KEBUTUHAN FISIOLOGIS
Yaitu kebutuhan yang paling dasar dari manusia atau kebutuhan yang bersifat faali, yaitu anatomi kebutuhan tubuh kitauntuk mempertahankan hidup. Dan kebutuhan ini harus terpenuhi oleh manusia karena apabila tidak terpenuhi maka manusia itu akan sakit atau bahkan mati. Karena itulah mengapa kebutuhan fisiologis masuk dalam urutan pertama atau tinngkatan teratas. Contoh dari kebutuhan fisiologis yaitu :
a.       O2
b.      Cairan elektrolit
c.       Nutrisi
d.      Eliminasi
e.       Istirahat
f.        Bebas dari rasa nyeri
g.       Regulasi
h.       Stimulasi
i.         Melaksanakan aktivitas
j.        Eksplorasi dan manipulasi
k.      Seksual

  1. RASA AMAN DAN NYAMAN
Adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi namun kebutuhan ini pada dasarnya masih dapat ditunda, tetapi kebutuhan rasa aman dan nyaman harus dipenuhi oleh setiap manusia agar terciptanya kenyamanan
Contoh :
-         Perlindungan fisik meliputi perlindungan atas ancaman terhadap tubuh atau hidup. Ancaman tersebut dapat berupa penyakit, kevelakkan, bahaya dari lingkungan.
-         Perlindungan psikologis, yaitu perlindungan atas ancaman dan pengalaman yang baru dan asing, misalnya : kekhawatiran yang dialami seseorang ketika masuk sekolah pertama kali karena terancam untuk berinteraksi dengan orang lain.
  1. KASIH SAYANG
Yaitu kebutuhan dasar manusia yang sangat diperlukan untuk memenuhi rasa kasih sayang karena pada dasarnya manusia ingin dicintai dan mencintai, mendapatkan kehangatan dalam keluarga, sahabat, serta dapat diterima oleh kelompok social tertentu.
  1. HARGA DIRI
Pada dasarnya setiap manusia ingin dihargai oleh orang lain tetapi manusia juga harus menghargai orang lain sebagai mana mestinya. Karena kebutuhan ini terkait dengan keinginan untuk mendapatkan prestasi, rasa percaya diri, kemerdekaan diri, serta pengakuan dari orang lain.
  1. AKTUALISASI DIRI
Yaitu merupakan kebutuhan tertinggi dalam hirarki maslow. Berup kebutuhan untuk berkontribusipada orang lain serta mencapai potensi diri, mengenli, menerima diri sendiri. Apabila tidak terpenuhi maka manusia itu akan terasing dan merasa rendah diri.


            Selain maslow ada beberapa teori yang lainnnya misalnya Richard Chalis. Richard challis juga membagi kebutuhan dasar manusia menjadi 5 bagian yaitu :
  1. KEBUTUHAN FISIOLOGIS
Yaitu merupakan kebutuhan yang paling dasar dari manusia yang apabila tidak terpenuhi maka akan sakit bahkan mati. Misalnya :
-         Oksigen = O2 yaitu fungsinya untuk bernafas karena oksigen diperlukan dalam proses metabolisme dalam tubuh
-         Cairan dan elektrolit = Manusia memerlukan minuman untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.
-         Nutrisi = Nutrisi sangat dibutuhkan oleh manusia apabila tidak terpenuhi maka akan ada gangguan pada tubuh. Nutrisi dapat terpenuhi dari makanan yang kita makan sehari-hari.
-         Eliminasi = adalah proses pembuangan zat sisa dalam tubuh yang harus dikeluarkan karena zat sisa mengandung racun yang apabila tidak dikeluarkan akan menyababkan penyakit. Contohnya BAB/BAK (feses dan urine )
-         Istirahat = manusia memerlukan kebutuhan untuk istirahat agar energi tidak terlalu banyak terbuang dalam proses metabolisme. Istirahat merupakan kebutuhan yang paling pokok dari manusia untuk menjaga kesehatan.
-         Bebas dari rasa nyeri = Manusia ingin selalu terhindar dari berbagai penyakit yang menimbulkan nyeri misalnya, misalnya apabila seseorang sedang sakit maka ia akan minum obat, itu adalah salah satu upaya untuk menghilangkan rasa nyeri.
-         Regulasi = yaitu keteraturan atau keseimbangan pada tubuh untuk mempertahankan suhu tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.
-         Stimulasi = rangsangan, manusia memiliki rangsangan bail internal maupun eksternal .
-         Melaksanakan aktivitas yaitu olahraga dan bekerja. Manusia memerlukan olahraga agar tubuh tetap sehat dan dengan bekerja maka manusia sudah melaksanakan perannya dan kewajibannya dalam keluarganya, selain itu denagn bekerja manusia akan mendapatkan pengakuan dari orang lain.
-         Eksplorasi dan manipulasi = manusia ingin mengungkapkan apa yang ada pada diri masing-masing tentunya dengan cara yang berbeda-beda pula. Selain itu manusia juga membuat rekayasa dalam hidupnya.
-         Seksual = setiap manusia memerlukan kebutuhan seksual untuk memdapatkan rasa aman nyaman dari orang yang sangat dicintai dan ini merupakan bentuk ekspreisi yang setiap manusia memilikinya agar manusia tersebut mandapat pengakuan dari orang terkasih.
  1. KEBUTUHAN RASA AMAN DAN KESELAMATAN
Setiap manusia pasti ingin mendapatkan rasa aman dan nyaman dalam hidupnya agar terhindar dari berbagai penyakit terutama stress. Misalnya :
-         Bebas dari bahaya penyakit yang disebabkan oleh berbagai macam jenis penyakit ataupun stress. Karena pada dasarnya manusia ingin terhindar dari berbagai macam penyakit yang membuat tidak nyaman
-         Bebas dari rasa takut. Setiap manusia tidak ingin merasakan ketakutan namun pada kenyataanya rasa takut itu tidak dapat dihindari, misalnya takut akan kehilangan orang yang sangat dicintainya.
-         Bebas dari bahan kimia. Bahan kimia memang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia, oleh karena itu manusia ingin selalu terhindar dari bahan kimia.
-         Bebas dari bahaya yang mengancam tubuh = misalnya bebas dari kecelakaan yang menyebabkan manusia itu kehilangan salah satu organ tubuhnya. Hal ini sangat wajar karena setiap manusia memang diciptakan untuk berusaha melindungi diriny sendiri.
-         Bebas dari bahaya yang disebabkajn oleh suhu.
Pada dasarnya suhu pada lingkungan sangat berpengaruh terhadap tubuh yang menyebabkan manusia jatuh sakit, oleh karena itu menusia selalu mengatur suhu di sekitar lingkungan agar suhu tubuh tetap terjamin.

  1. MENCINTAI, DICINTAI, DAN MEMILIKI
Rasa mencintai memang sudar wajar dan itu terjado pada semua orangb tanpa terkecuali. Kita berhak mencintaio dan dicintai oleg siapapun juga. Contoh :
-         Memberikan dan menerima cinta dan kasih sayang
Kita memang makhluk yang paling komplit didunia. Rasa mencintai, dicintai itu merupakan hal yang wajat dan setiap manusia beehak untuk mendapatkan kasih sayang dari orang yang dicintainya, bukan hanya itu saja kita dapat memberikan kasih sayang kita kepada orang lain tanpa terkecuali.
-         Membutuhkan teman hidup dan bergaul
Setiap manusia pasti mempunyai teman hidup karena semua itu sudah kebutuhan manusia agar dia mendapatkan perhatian dan menemani untuk berbagi baik susah mauun senang dalam suka maunpun duka. Selain itu menusia agar mendapatkan pengakuan maka ia perlu pergaulan agar ia tidak merasa tidak terasingkan oleh orang lain. Bergaul itu memang penting dan sangat dibutuhkan oleh setiap manusia untuk berinteraksi dan menjalin komunikasi dengan orang lain.
-         Membutuhkan hubungan  interpersonal dan kasih sayang
Setiap manusia memang sangat membutuhkan hubungan yang baik dengan oarng-orang disekitar untuk mendapatkan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Denagn begitu manusia dapat memberikan pengabdiaannya dalam berbagai kegiatan. Selain itu manusia juga membutuhkan hubungan yang lebih dari sekedar teman agar setiap masalah dapat teratasi bersama. Dalam menjalin sebuah hubungan manusia juga membutuhkan kasih sayang dari orang lain tapi menusia juga ingin memberikan kasih sayangnya kepada orang lain terutama dengan oarng yang ada didekatnya. Karena memang manusia adalah insane yang saling membutuhkan satu sama lainnya
-         Membutuhkan peran yang memuaskan
Dalam kehidupan sehari-hari setiap manusia mempunyai peran yang berbeda-beda, karena itulahlah manusia dapat mengekspersikan setiap kemampuan masing-masing tergantung dari apa yang dia tekuni atau senangi. Pada dasarnya peran pada diri manusia adalah sama hany saja tingkatannya yang berbeda.  Apabila manusia mampu meraih atau mendapatkan peran yng tinggi maka itu adalah suatu prestasi yang patut dihargai. Tetapi apabila manusia tidak mampu menjalankan perannya maka manusia itu akan terasingkan atau tidak mampu berhubungan dengan yang lainnya secara baik.
-         Membutuhkan perlakuan yang halus
Setiap oaranng pasti ingin memdapatkan perlakuan yang halus dan baik. Tidak ada manusia yang ingin mendapatkan perlakuan kasar. Akan tetapi apabila kita tidak memperlalakukan manusia yang lain secara baik dan halus maka orang lain akan berbuat kasar kepada kita.
-         Membutuhkan kebersamaan
Kabutuhan ini memang sangat diperlukan semua manusia. Karena manusia adalah makhluk social yang sangat membutuhkan kebersamaan. Tanpa adanya kebersamaan maka manusia akan merasa terasingkan dan tidak mempunyai teman dalam hidupnya atau bahkan merasa bahwa tidak ada yang perduli dengan hidupya. Karena itulah kebutuhan ini sangat penting karena dapat mempengaruhi psikologis manusia.
-         Membutuhkan pergaulan yang intim
Pergaulan yang intim memang dibutuhkan manusia karena ini adalah bentuk ekspersi pengungkapan rasa kasih sayangnya kepada orang yang dianggap penting dalam hidupnya. Oleh sebab itu manusia sangat membutuhkan kebutuhan ini. Akan tetapi banyak orang yang salah menafsirkannya.
  1. MENGHARGAI DAN DIHARGAI
Dalam prakteknya manusia memang ingin dihargai namun manusia juga mempunyai kewajiban untuk menghargai orang lain. Contohnya adalah :
-         Menghargai diri sendiri
Setiap manusia apabila ingin dihargai oaring lain maka dia harus menghargai dirinya sendiri, tanpa adanya itu maka manusia hanya akan membuat manusia disekitar merasa risih dan mereka tidak akan menghargai diri kuta. Manusia harus selalu menghargai diri sendiri agar dalam pergaulan sehari-hari manusia tidak akan dikucilkan.
-         Menghargai orang lain
Jika kita ingin dihargai oleh orang lain maka kita juga harus menghargai orang lain pula agar dalam kehidupan sehari-hari manusia dapat mendapatkan perlakuan yang pantas. Dengan menghargai orang lain pula kita manusia akan memdapatkan pengakuan dari orang lain.
-         Di hargai oleh orang lain
Apabila dalam kehidupan sehari-hari manusia menghargai orang lain maka ia pasti akan dihargai pula. Manusia memang perlu memdapatkan penghargaan dari orang lain karena dengan begitu artinya manusia itu sudah dapat diterima dalam suatu kelompok tertentu. Dan setiap orang pasti ingin dihargai oleh orang lain.
-         Kebebasan yang mandiri
Setiap orang pasti menginginkan kebebasan untuk mengungkapkan isi hatinya. Dengan begitu makla manusia pasti bisa berbuat mandiri tanpa bantuan daei orang lain.
-         Prestise
-         Dikenal dan diakui
Manusia akan merasa puas jika ia dikenal oleh oaring banyak tapi sebaliknya bapabila ia tidak dikenal maka ia akan merasa terasingkan atau diabaikan. Apabila orang dikenal maka ia akan diakui. Manusia membutuhkan hal ini karena ini adalah kunci untuk berinteraksi dengan orang lain, selain pada itu dikenal dan diakui membuat manusia itu akan merasa dihargai.
-         Pengharagaan
Apabila manusia mendapatkan suatu penghargaan itu merupakan salah satu bukti keseriusan manusia itu sendiri. Dalam kehidupan setiap manusia membutuhkan penghargaan dari orang lain hanya saja cara untuk mendapatkan penghargaan itu berbeda-beda sesuai dengan kemampuan masing-masing dan perannya dalam suatu kelompok.
  1. AKTUALISASI DIRI
Aktualisasi diri adalah merupakan kebutuhan untuk mengakui diri sendiri agar manusia tidak merasa terasingkan oleh orang lain.
-         Kebutuhan pengenalan diri sendiri
Setiap manusia harus mengenali diri sendiri dan itu wajib hukumnya untuk mengethui siapa sebenarnya dia dan untuk apa dia hidup didunia ini. Apabila seseorang tidak mengenali dirinya sendiri itu sama saja dengan orang itu telah terasinngkan dan bahkan dia bisa disebut dengan gangguan jiwa.
-         Kebutuhan penerimaan diri sendiri
Manusia harus menerima dirinya sendiri dengan keadaan yang ada dengan begitu maka manusia akan menerima keadaan orang lain apa adanya pula. Apabila manusia tidak dapat menerima dirinya sendiri ia pasti akan berbuat semaunya sendiri atau bahkan dia akan menyakiti orang lain untuk mendapatkan kepuasan dalam dirinya.
-         Kebutuhan kenyataan diri sendiri
Manusia harus menerima kenyataan yang ada dan berupaya untuk merubah kenyataan itu agar menjadi lebih baik dengan kamampuan yang dimiliki oleh setiap manusia.
-         Kebutuhan interpersonal yang mendalam
Jika manusia menjalin suatu hubungan yang baik denagn orang lain maka ia juga harus menjalin hubungan yang baik pula dengan dirinya sendiri agar ia bisa mengoreksi apa kekurangannya dan kelebihannya agar mampu beradaptasi dengan baik.
-         Kebutuhan penghargaan diri sendiri
Apabila manusia mendapatkan penghargai dari orang lain maka manusia juga mempunyai kewajiban untuk menghargai diri sendiri dan tidak boleh berbuat yang tidak adil misalnya menyalahkan diri sendiri atas musibah yang diterimanya karena itu hanya akan membuat manusia menjadi stress atau gelisah.
-         Kebutuhan pemenuhan diri sendiri
Apabila manusia membutuhkan sesuatu itu berhak untuk dipenuhi namun kebutuhan ini masih dapat ditunda dengan keadaan yang ada.
-         Kebutuhan akan persepsi yang sehat dan realistis
Setiap manusia harus berfikir secara sehat dan realistis tidak boleh hanya mementingkan ego sesaat, karena itu dapat membuat manusia akan hanya mementingkan dan memikirkan diri sendiri tanpa mementingkan orang lain


KATA PENGANTAR

            Puji syukur tetap tellimpahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena rahmadnya kami kelonpok 1 dapat menyelesaikan tugas yang diberikan kepada kami. Tugas membuat makalah tentang kebutuhan dasar manusia ini kami buat untuk pemenuhan tugas dari dosen sebagai pretest menjelang Ujian tengah semester.

            Makalah ini kami buat dengan segala keterbatasan yang ada, namun dengan adanya makalah ini kami harapkan dapat bermanfaat bagi orang banyak dan mereka dapat menetahui apa sebenarnya kebutuhan dasar manusia dan apa saja dasarnya.

            Dalam pembuatan makalah ini kami tak lepas dari beberapa pihak yang telah membantu seperti kakak tingkat yang telah memberitahukan arti istilah-istilah yang tidak kami mengerti. Untuk itu kami ucapkan terima kasih. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih juga kepada bapak hariadi karena telah memberikan tugas ini sehingggav kita dapat mengerti dan siap untukl menghadapi UTS.

            Makalah ini cukup sederhana oleh karena itu apabila ada kekurangan dalam pembuatan dan terdapat kesalahan, kami mohon maaf dan kami mengharap kritik dan sarannya.



TIM PENYUSUN


PENDAHULUAN


            Kebutuhan dasar manusia merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia karena apabila kebutuhan ini tidak dipenuhi maka manusia itu akan sakit atau bahkan mati. Namun ada beberapa kebutuhan yang masih dapat ditunda, dengan kata lain kebutuhan ini tidak masalah apabila tidak terpenuhi.

            Kebutuhan manusia yang paling dasar adalah oksigen karena oksigen diperlukan dalam proses metabolisme tubuh. Dalam kebutuhan dasar manusia ada beberapa teori masalnya teori yang ditemukan oleh hirarrki maslow.

            Dalam pemenuhannya manusia mempunyai cara yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhannya. Itu semua tergantung dengan kemampuan masing-masing individu. Agar mencapai kebutuhan yang lengkap maka manusia harus bekerja keras.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Selamat datang Di Blog Bigbang jangan lupa tinggalkan Jejak ^^. Post Youre Coment