BigBang Song

Lalala, My girl, BigBang is Vip, This Love (Gdragon), Last farawel, Lies, Haru Haru, My Heaven, With you, Gara gara Go, Beautivul Hangover, Lets me hear your Voice, Make love, Lollipop ft 2Ne1, Lollipop 2, Sunset glows, Hot Issue, Ora Yeah, Stay, Good Person, Tell me goog Bye, Hands Up, Always, Bringing youre love, Forever with you GDTOP ft BOM, Number 1, stylist, We Belong together, Dirty Clas, Tonight, Somebody To love, What is Right, Stupit Liar, Love song, Blue, Bad Boy, Love Dust, Ain't No Fun, Fantastic Baby, Wink's (Daesung), Ego, Feeling. "Taeyang" wedding Dress, Look Only At Me, I Need A Girl, Move ft Teddy, Prayer ft Teddy, Friend ft TOP, Where U at. "Gdragon" HeartBreker, Korean dreams, Shine a Light, She is Gone. "Seungri" What can i do, Strong Baby, VViP. "Daesung " Baby dont Cry, Try To lough. "GDTOP" High High, Oh Yeah, Baby Good Nigh, Jibe Gajima, Dancing on My Own ft Pixie Lott. Monster, Bingle Bingle, Still Alive

Sabtu, 31 Maret 2012

(Kesehatan) Air Bersih


KEBUTUHAN AIR BERSIH DI MASYARAKAT 


Air bersih memang sangat diperlukan untuk kegiatan sehari-hari. Mulai dari memasak, mencuci, mandi, dan lainnya. Perlu disadari bahwa tidak setiap air yang keliatan bersih itu sehat. Karena dalam air itu masih banyak terdapat kuman-kuman yang ada dalam air tersebut. Masih banyak masyarakat yang belum meggunakan air bersih atau terpaksa menggunkan air yang kotor. Pemerintah kurang memperhatikan kebutuhan air bersih ditingkat pedesaan/pegunungan. Masih adanya masyarakat yng mencemari lingkunngan terutama sumber-sumber air dan sungai.

Banyak masyarakat yang belum mengetahui akan tingkat kesehatan atau kebersihan dari air yang telah dikomsumsi setiap hari. Biasanya mereka menganggap bahwa semua air yang bersih itu adalah sehat, padahal sebenarnya itu adalah salah. Misalnya saja untuk memasak air kita harus merebusnya dulu agar kuman yang ada didalamnya mati. Selain itu juga masih banyak masyarakat yang masih mengkomsumsi air yang tidak bersih. Mereka mengambil air dari sungai untuk minum, memasak, mandi, dan keperluan lainnya. Padahal mereka tahu bahwa sungai adalah tempat untuk membuang sampah, tempat mandi,mencuci, dan buang air besar. Di sini tentunya tingkat pencemaran lingkungan amat besar, dan parahnya mereka tahu itu namun tetap menggunakannya karena memang mereka membutuhkannya untuk keperluan hidup sehari-hari dengan alasan mereka tidak mampu untuk membayar uang air PDAM. Selain itu didaerah pegunungan pada waktu musim kemarau biasanya akan terjadi kekeringan. Saat itulah masyarakat yang biasanya menggunakan air yang bersih menjadi menggunakan air seadanya karena memang kebutuhan air sudah tidak mencukupi. Dengan adanya factor pertambahan penduduk juaga mempengaruhi tingkat kebutuhan air bersih di lingkungan masyarakat. Sehingga kebutuhan air bersih setiap harinya terus meningkat. Bukan itu saja diwilayh perkotaan air untuk memasak dan minum harus membeli, inilah yang membuat kendala bagi masyarakat. Karena untuk semua itu mereka harus membeli dan harganya tidak murah. Mungkin untuk kelas ekonomi menengah ke atas itu tidak menjadi masalah, nammun untuk kelas ekonomi bawah itu jelas merupakan masalah. Oleh karena itulah mereka sering munggunakan air sungai.

Air merupakan unsur utama bagi hidup kita di planet ini. Kita mampu bertahan hidup tanpa makan dalam beberapa minggu, namun tanpa air kita akan mati dalam beberapa hari saja. Dalam bidang kehidupan ekonomi modern kita, air juga merupakan hal utama untuk budidaya pertanian, industri, pembangkit tenaga listrik, dan transportasi. Untuk itulah air sangat berarti bagi kehidupan mahkluk hidup terutama manusia. Dan manusia sangat membutuhkan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih sebenarnya susah-susah gampang karena kebutuhan air bersih memang saat ini sangat meningkat tajam. Banyak manusia yang terserang diare, gatal-gatal pada kulit, karena mereka tidak menggunakan air bersih. Disini peran masyarakat sebenarnya sangatlah penting, karena masyarakat masih ada yang belum tahu akan pentingnya air bersih, kalaupun tahu mereka mengabaikannya karena desakan kenutuhan hidup. Disini agar masyarakat lebih tahu dan memperhatikan akan penggunaan air bersih, kita dapat melakukan penyuluhan-penyuluhan, misalnya didaerah pegunungan atau tempat-tempat yang kumuh atau di daerah pedesaan. Selain itu akan lebih bermanfaat bila pemerintah juga memperhatikan masyarakat dengan diadakannya pembangunan PDAM di daerah pegunungan agar semua masyarakat yang ada disana dapat menggunakan air bersih secara maksimal. Selain itu penyebarannya haru secara merata, kasus yang ada selama ini PDAM belum mampu memberikn pelayanan kepada masyrakat dengan baik. Selain itu masyarakat juga bisa membuat sumur sendiri namun dengan memperhatikan tinggi rendahnya daerah tempat tinggalnya. Sebelum diminum sebaiknya air direbus hingga mendidih agar tidak terjadi diare. Untuk daerah yang kumuh sebaiknya, pemerintah memberikan subsidi dengan harga jual air bersih yang relatif murah agar mereka dapat mengunakannya. Selain itu sebaiknya masyrakat tidak membuang sampah disungai,karena itu dapat mempengaruhi tingkat pencemaran air, karena masih ada masyarakat yang belum menggunakan air bersih. Melarang indutri kecil ataupun besar membuang limbahnya ke sungai karena ini juga merupakan factor yang menyebabkan sungai menjadi keruh.

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk memenuhi standar kehidupan manusia secara sehat. Ketersediaan air yang terjangkau dan berkelanjutan menjadi bagian terpenting bagi setiap individu baik yang tinggal di perkotaan maupun di perdesaan. Oleh karena itu, ketersediaan air dapat menurunkan water borne disease sekaligus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Di dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi keluarganya, penduduk tidak jarang harus membeli air dari para penjual air dengan harga yang relatif tinggi atau mengambil air langsung ke sumber air yang umumnya cukup jauh dari tempat tinggal si penduduk. Ketika beberapa sumur dan sumber air mengering akibat musim kemarau, menyebabkan semakin sulit bagi masyarakat untuk mendapatkan air untuk memenuhi kebutuhan akan air bagi keluarganya. Selain itu saat ini ketergantungan manusia terhadap air semakin besar sejalan dengan bertambahnya penduduk. Banyak masyarakat yang tidak memperhatikan air bersih, banyjak dari mereka yang mencemari sumber-sumber dari air itu sendiri. Sehingga tidak semua penduduk mendapatkan air bersih. Sebaiknya dalam hal ini masyarakat lebih mengerti dan memahami bahwa air bersih itu sangat bermanfaat bagi semua mahkluk hidup. Jadi mereka dapat lebih memperhatikan penggunaan air bersih. Seharusnya mereka membuang sampah disungai dan untuk pengusaha-pengusaha industri menyadari dan tidak hanya mementingkan kepentingan sendiri dengan tidak membuanng limbah industri ke sungai. Untuk masyarakat yang menggunakan atau membuat sumur sebaiknya jauh dri tempt pembungan limbah rumah tangga pling tidak jaraknya 10 m. dengan memperhatikan kedalamannya dan tingkat kandungan garam dalam air.

Air yang digolongkan dengan air bersih adalah air yang tidak terkontaminasi dengan kuman-kuman yang dapat menyebabkan adanya penyakit bila kita mengkomsumsinya. Air bersih adalah air yang tidak berbau, tidak berwarna, tidak keruh atau air itu jernih dan air yang rasanya tawar atau tidak mempunyai rasa. Untuk mengkomsumsi setiap hari sebaiknya kita memperhatikan factor-faktor tersebut. Karena air sangat mempengaruhi kehidupan manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Selamat datang Di Blog Bigbang jangan lupa tinggalkan Jejak ^^. Post Youre Coment